Game Tebak Kata dengan Gerakan untuk Liburan Panjang, ini Persiapannya

Game tebak kata dengan gerakan adalah permainan yang cocok dimainkan oleh semua orang dengan berbagai umur. Game ini dimainkan dengan memperagakan kata atau frasa yang tertulis di atas secarik kertas. Tujuan dari permainan ini adalah membuat tim menebak jawaban yang benar dengan hanya menggunakan gestur. Saat peserta memperagakan sebuah kata atau frasa, peserta tidak diperbolehkan berbicara.

Permainan yang sering mengundang gelak tawa ini membutuhkan sedikit persiapan dan imajinasi yang luas. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Bagi Tim

Buat beberapa tim dengan jumlah peserta sebisa mungkin yang rata. Setelah membuat tim, setiap tim harus berkumpul di ruangan yang berbeda-beda atau di sisi ruangan yang berlawanan. Hal itu tentunya akan sangat mempermudah permainan.

READ  5 Peralatan Gaming Android Ini Wajib Dimiliki Gamers Sejati

2. Buat Kata atau Frasa

Setelah setiap tim berada di ruangan yang berbeda-beda atau di sisi ruangan yang berlawanan, tulis kata atau frasa yang umum pada kertas. Jangan bocorkan kata-kata ini kepada tim lawan karena akan diberikan kepada tim lawan untuk diundi dan ditebak saat tiba gilirannya. Biasanya ada 6 kategori umum yang digunakan untuk permainan tebak kata yaitu judul buku, film, acara TV, judul lagu, judul drama, dan kutipan atau frasa yang cukup terkenal.

Umumnya, frasa yang terlalu panjang atau asing dan nama orang tidak diperbolehkan, tapi jika semua anggota mengenali maka frasa tersebut boleh digunakan. Permainan sudah hampir siap untuk di mulai. Lipat setiap kertas menjadi lipatan kecil agar kata atau frasanya tidak terlihat. Letak kan kertas-kertas ini ke dalam wadah lalu ajak semua tim berkumpul di ruangan permainan yang akan digelar.

Tukar wadahnya, namun jangan lihat bagian dalam kertas-kertasnya! Pakai keranjang atau topi biasanya digunakan sebagai wadah untuk menaruh kertas. Apabila tidak ada, bisa menggunakan laci kosong atau sarung bantal. Kemudian cara bermainnya adalah salah satu peserta bertugas memperagakan sebuah kata atau frasa dan peserta lainnya bertugas untuk menebak dari sebuah kata atau frasa yang diperagakan.

READ  Cara Menyelesaikan Game Brain Out Level 12 Sampai 18

3. Tentukan Tim Sebagai Pemain Pertama

Tentukan tim mana yang akan maju pertama dan setiap ronde biasanya ditetapkan batas waktunya. Umumnya, 2 menit adalah batas waktu yang cukup sesuai. Tentukan hukuman yang sesuai bagi peserta yang berbicara saat memeragakan dan yang kalah.

4. Memainkan Game Tebak Kata dengan Gerakan

Tim yang ditentukan sebagai pemain pertama tersebut harus memilih salah satu anggotanya untuk mengambil secarik kertas dari wadah. Setiap anggota tim harus memperagakan kata atau frasa masing-masing sekali sebelum putaran kedua. Informasikan kategori dan jumlah kata akan dapat membantu teman satu tim untuk memusatkan tebakannya.

Buatlah banyak gerakan karena semakin banyak petunjuk yang diberikan, semakin mudah bagi tim untuk menebaknya. Jika jawaban yang benar berhasil ditebak, ronde akan berakhir dan tim yang berhasil menebak akan mendapatkan poin. Lalu tim lawan melakukan hal yang sama. Teruskan permainan sampai kertas tersebut habis.

READ  Cara Menyelesaikan Game Brain Out Level 12 Sampai 18

5. Menguasai Gestur dari Kata Kunci

Hal yang perlu dipersiapkan juga adalah mendiskusikan gestur untuk dapat menebak kata-kata yang nantinya akan keluar. Fokuskan gestur tubuh untuk memperagakan kata atau frasa yang tertulis di kertas. Saat teman satu tim hampir menebak jawaban yang benar, tunjukkan ekspresi wajah semangat atau yang menandakan jawabannya sudah mendekati benar.

Semakin cepat seseorang memperagakan kata atau frasa, semakin cepat pula teman satu tim menebaknya. Game tebak kata dengan gerakan ini juga bisa dimainkan dengan tidak bertim sehingga peserta dapat memperagakan kata atau frasa pilihannya sendiri. Metode ini dapat mempermudah permainan karena tidak harus menggunakan kertas.

You May Also Like

About the Author: Ken Malfoy